Saturday, December 29, 2012

Penyebab Penyakit Maag

Gangguan pencernaan oleh masyarakat umum biasa disebut sebagai " penyakit maag ". Namun sebenarnya istilah tersebut tidak digunakan dalam dunia medis. istilah yang biasa digunakan untuk menyebut suatu gejala penyakit yang dalam ilmu kedokteran dikenal sebagai peptic ulcer. Yang secara umum dapat diartikan sebagai adanya tukak atau luka bernanah didalam saluran pencernaan.

Mengapa penyakit mag bisa terjadi???? hingga saat ini teori yang diterima oleh dunia kedokteran menyatakan bahwa penyakit maag disebabkan oleh adanya HCL dalam jumlah yang berlebihan didalam lambung. Kelebihan kadar HCL dalam cairan lambung dapat merusak jaringan selaput lendir lambung dan jaringan halus usus dua belas jari. Jaringan yang rusak akan menjadi luka bernanah yang menyerupai luka- luka sariawan dibibir (stomatitis).

Apakah yang menyebabkan terjadinya produksi HCL yang berlebihan didalam lambung?. Ahli kedokteran berpendapat bahwa produksi HCL yang berlebihan didalam lambung disebabkan terutama oleh adanya ketegangan atau sters mental/ kejiwaan yang cukup berat. Apabila stres mental dan emosi tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tubuh akan berusaha untuk menyesuaikan diri dan bertahan hidup dengan tekanan tersebut. Kondisi yang demikian dapat menyebabkan terjadinya perubahan perubahan patologis dalam jaringan atau organ tubuh manusia, melalui sistem saraf otonom.

Penyakit maag yang diakibatkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan dapat diperparah oleh kondisi kondisi sebagai berikut :
  1. Waktu makan yang tidak teratur
  2. Gizi atau kualitas makanan yang kurang baik
  3. Jumlah makanan terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit
  4. Jenis makanan yang kurang cocok atau sulit dicerna
  5. Kurang istirahat
  6. Porsi pekerjaan yang melebihi kemampuan fisik/psikis
Dengan demikian dapatlah dipahami apabila penyakit maag sering menyerang orang orang yang banyak mengalami ketegangan psikis atau batin, orang yang hidupnya kurang teratur dan selalu diburu waktu karena tingkat kesibukan yang tinggi.

sumber : buku kesehatan masyarakat, penyakit maag dan gangguan pencernaan dr. Endang L
              Markam, S. 1972. Ensiklopedia Medika Untuk Umum. Bhratara, jakarta

0 komentar:

Post a Comment